Tim X-TRON BIKE dari Politeknik Negeri Jakarta Meraih Juara 2 dalam Ajang

MIDC 2014 Universitas Brawijaya, Malang

Tiga Siswa Neosia Training Center yang Mewakili Politeknik Negeri Jakarta berkesempatan mengikuti kompetisi MIDC 2014 (Mechanical Innovation Design Contest) yang diselenggarakan di Unversitas Brawijaya, Malang.

Wahyu Adi Prayoga, Fuad Luthfi Hakim, dan Nauval Labiby N.M. †dikirim untuk bertarung dalam ajang kompetisi tersebut dimana dalam ajang tersebut peserta dituntut untuk dapat memberikan ide kreatif desain inovasi transmisi sepeda serta dapat diimplementasikan pada transmisi sepeda dimasa yang akan datang.

X-TRON BIKE merupakan sepeda hybrid yang didesain secara elegan dan futuristik dengan mengusung transmisi berbasis CVT. Saat ini penggunaan transmisi CVT masih terbatas pada kendaraan bermotor, baik mobil maupun motor. Maka dari itu mereka mencoba membuat dobrakan dan mengaplikasikan CVT ke dalam sepeda rancangannya. Dengan berbasis CVT, jumlah gigi transmisi yang biasa terdapat pada sepada konvensional menjadi tak terbatas. Tidak sampai disitu, mereka juga menanamkan mikrokontroller sebagai pusat kontrol sehingga perpindahan rasio terasa halus dan lembut.

CVT 1

Setelah melalui proses seleksi yang panjang akhirnya mereka keluar sebagai Juara 2 dari 8 peserta presentasi tingkat Nasional yang sebelumnya telah lolos tahap seleksi proposal.

“Alhamdulillah, Kami berhasil sejauh ini berkat latihan keras di kampus dan Neosia Training Center dimana kami dilatih setiap minggunya namun bila ditinjau secara desain, kami gak kalah kok namun secara analisis kita akui sang Juara dari UGM memang cukup tangguh ("Ujar Mereka")

CVT 2