Authorized Reseller and Training Center for SketchUp, Solidworks, formZ, and ArCADia

#1 choice for Engineering Software Training in Indonesia

logo

AEC / SketchUp

0857-1866-5058

Mechanical / SW

0818-0707-5675

Training : info@neosiatc.com

License : software@neosiatc.com

V-Ray : Online License vs Dongle

Selama 16 tahun terakhir, V-Ray menggunakan dongle sebagai metode pengamanan utamanya, hingga 2 tahun yang lalu V-Ray menerapkan sistem Lisensi Online. Setelah dilakukan penelitian yang seksama terhadap kedua metode lisensi ini, maka V-Ray memutuskan untuk mengakhiri sistem Dongle tahun depan. Selama masa transisi setahun kedepan, Neosia Training Center sebagai partner resmi V-Ray akan mulai membatasi penggunaan Dongle pada pembelian lisensi. Salah satunya adalah dengan cara menjual Dongle secara terpisah dari lisensinya.


Sebenarnya apa kekurangan dari sistem Dongle sehingga akan dihilangkan?

Hal yang paling jelas adalah Dongle merupakan hardware fisik yang bisa saja mengalami kerusakan atau hilang, jika itu terjadi maka lisensi akan hangus. Memang kelebihan sistem Dongle yaitu tidak memerlukan koneksi internet, namun saat ini koneksi internet tersedia dimana-mana bahkan di ponsel masing-masing. Sistem lisensi online tidak memerlukan internet yang kencang, cukup koneksi yang stabil saja. Sistem Lisensi Online juga bisa digunakan secara offline selama 14 hari. Tentu saja hal tersebut bukanlah satu-satunya kelemahan sistem Dongle. Table berikut ini akan memaparkan kelemahan yang lain.

Selama ini pun, Neosia belum pernah menerima keluhan dari customer yang menggunakan sistem lisensi Online. Sebaliknya, beberapa customer yang menggunakan sistem dongle akan mengalami kesulitan ketika harus menambah seat karena dongle harus di program kembali. Oleh karena itu kami menyarankan pengguna V-Ray untuk menggunakan sistem Lisensi Online saja.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *